CONTOH MODEL PROSES

MODEL PROSES

   Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Sebuah proses dibuat melalui system call create-process yang membentuk proses turunan ( child process) yang dilakukan oleh proses induk ( parent process). Proses turunan tersebut juga mampu membuat proses baru sehingga semua proses ini pada akhirnya membentuk pohon proses.

CONTOH MODEL PROSES

Sequential Process

Sequential Process Adalah Kegiatan menjalankan beberapa program yang banyak secara bergantian satu demi satu, sebelum proses pertama selesai dijalankan maka proses yang lain menunggu untuk di eksekusi.

Contohnya,
1. Pada saat menginstal Sistem operasi atau Mengisntal program aplikasi yang ukuirannya lumayan besar dimana space komputer tidak mampu untuk menjalankan nya bersamaan maka proses di susun dan di urutkan sesuai dengan waktu.
2. Pada saat Interrupt pemberitahuan terjadi error pada sistem yang mengakibatkan seluruh proses lain terhenti dan harus menyelesaiakan atau menunggu hingga program respon kembali.

Multiprogramming

Multiprogramming adalah kegiatan menjalankan beberapa program pada memori pada satu waktu. Untuk meningkatkan keseluruhan kemampuan dari sistem komputer, para developer memperkenalkan konsep multiprogramming.
Dengan multiprogramming, beberapa tugas disimpan dalam memori dalam satu waktu; CPU digunakan secara bergantian sehingga menambah utilisasi CPU dan mengurangi total waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Contohnya mengetik dengan MS. Word bersamaan dengan media player atau program pengolah gambar seperti photoshop. Yang di maksud dengan multi programming di sini adalah CPU menjalankan beberapa program sekaligus

CPU Switching

Cpu Switching Adalah peralihan prosedur dalam mengolah satu proses ke proses lainnya, dimana pada model ini hampir sama dengan multiprogramming hanya saja pada model ini adalah peralihan prosesnya. Dimana pada status bar seluruh program terlihat dan ada akan tetapi hanya yang di pilih saja yang aktif dan ditampilkan pada layar desktop dan yang lainnya di simpan.

Contohnya, Menjalankan Browser dan Game yang berat secara bersamaan dengan mode fullscreen, tapi hanya yang dipilh saja yang tampil pada layar dan ketika kita memilih untuk bermain game maka otomatis MS.Word tadi tidak tertampilkan pada layar dan disimpan atau di abaikan.

CONTOH MODEL PROSES CONTOH MODEL PROSES Reviewed by Unknown on 10:43 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.